Definisi Wirausaha dan Kewirausahaan

sumber gambar : jamilazzaini.com















Kewirausahaan merupakan istilah yang digunakan dalam bahasa Indonesia yang sepadan dengan Enterpreneurship dalam bahasa Inggris, Unternehmer dalam bahasa Jerman, Ondernemen dalam bahasa belanda dan Entrepreder dalam bahasa Prancis.

Kewirausahaan berasal dari kata wirausaha. Wirausaha berasal dari kata wira artinya berani, utama, mulia. Usaha berarti kegiatan bisnis komersial maupun non komersial. Jadi kewirausahaan diartikan secara harfiah sebagai hal-hal yang menyangkut keberanian seseorang untuk melakukan kegiatan bisnis maupun non bisnis secara mandiri. Sri Edi Swasono mengatakan dalam konteks bisnisn, wirausaha adalah pengusaha, tetapi tidak semua pengusaha adalah wirausaha. Wirausaha adalah pelopor dalam bisnis, inovasi, penanggung resiko  yang mempunyai visi ke depan, dan memiliki keunggulan dalam berprestasi dibidang usaha.

Berbagai pengertian kewirausahaan dan wirausaha yang lain, diantaranya adalah :
  • Kewirausahaan adalah mental dan sikap jiwa yang selalu aktif berusaha meningkatkan hasil karyanya dalam arti meningkatkan penghasilan
  • Kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal jasa dan resiko serta menerima balas jasa, kepuasan dan kebebasan pribadi.
  • Kewirausahaan adalah semangat, sikap perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangai usaha yang mengarah pada upaya kerja teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi untuk mendapatkan keuntungan
  • Wirausaha adalah orang yang berani memaksa diri untuk menjadi pelayan orang lain.
  • Wirausaha adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dalam memperkenalkan barang dan jasa dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.

definisi kewirausahaan membantu kita memdalami kewirausahaan dalam bisnis dan kehidupan kita sehari-hari.

No comments:

Post a Comment

Pages