Internet Marketing Vs Tradisional Marketing

EDKENT® Media
Era Milenial seperti sekarang ini berbelanja menjadi semakin mudah, ada cara praktis dalam menjual dan membeli. Walaupun begitu, Pasar tradisional juga semakin menarik dan punya potensi besar, dahulu orang berbelanja sesuai kebutuhan harian. habit / kebiasaan hari ini orang cenderung berbelanja dalam satu waktu. Jual beli juga beralih dari kebutuhan menjadi keinginan, dan semua itu di tampilkan dalam media yang semakin modern.

Cara pemasaran pun hari ini semakin beraneka ragam, akan tetapi pemasaran gaya lama seperti menyebarkan pamflet, spanduk, brosur juga masih digunakan. ada plus minus dari semua itu yang akan kita bahas pada bahasan topik di bawah ini.

Sebelum kita bahas lebih lanjut apa itu  Internet Marketing yang sedang terlibat persaingan dengan Tradisional Marketing. ada baiknya kita memulai dari Definisinya terlebih dahulu.

  • Internet Marketing/ Pemasaran melalui Internet
Menurut Wikipedia : Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik (bahasa Inggris: Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing) adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet.
Metode yang biasa digunakan pada Internet Marketing diantaranya adalah :
    1. Pemasaran menggunakan Media Sosial seperti : Facebook, Instagram, Youtube, Pinterest, Whatsapp, Line, dll
    2. Email Marketing
    3. Teknik Seperti SEO On Page and Off Page
    4. Google Keyword Planner dan Google Adsword
    5. Iklan Pop Up - Up Ads
    6. Blogs
    7. Click Baiting URL agar viral di dunia maya
    8. Jaringan bisnis di Linked in
    9. dll
    • Tradisional Marketing/ pemasaran secara offline
Sedangkan Tradisional Marketing adalah Pemasaran tradisional mengacu pada metode pemasaran konvensional yang digunakan sejak konsep iklan atau pemasaran muncul. Pemasaran Tradisional biasanya dilakukan secara langsung (face to face) dimana seseorang akan terlibat secara langsung (live) dalam pemasaran produk atau jasa.
beberapa metode yang sering kita lihat pada pemasaran tradisional diantaranya adalah :
    1. Koran
    2. Selebaran
    3. Radio
    4. Television
    5. Word of Mouth
    6. Billboard
    7. Majalah
    8. Tim Marketing
    9. Souvenir
    10. Dll
Bersambung...

1 comment:

  1. Want to rank your site at top of Google rankings? We deliver high quality SEO Services in Toronto which boost your site ranking.

    ReplyDelete

Pages